Translate

Selasa, 01 Oktober 2013

Tugas IBD Minggu 1


Tugas Ilmu Budaya Dasar minggu 1

1.  Pengertian Makhluk yang Berbudaya

Makhluk : Sesuatu yang dijadikan atau yang diciptakan oleh Tuhan (seperti manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan).
Budaya : akal budi, pikiran.
Berbudaya : Mempuyai budaya, mempunyai pikiran dan akal yang sudah maju.
Pengertian kebudayaan menurut para ahli :
1.       Koentjaraningrat : Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan relajar.
2.       Ki Hajar Dewantara : Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

                Makhluk yang berbudaya adalah makhluk yang memiliki budaya yang diciptakan dengan sendirinya melalui akal, budi, dan pemikiran-pemikiran dari dalam diri makhluk tersebut.
Manusia merupakan makhluk yang berbudaya karena manusia memiliki akal, budi, dan pemikiran yang baik yang dapat  menciptakan sesuatu yang baik pula dengan melalui proses belajar terus-menerus hingga menghasilkan suatu kebudayaan yang khas pada setiap manusia atau kelompok manusia.  Manusia juga merupakan makhluk yang istimewa dibandingkan dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lain, sehingga hanya manusia yang memiliki peran penting dan dominan dalam kebudayaan dan cara berbudaya.
Manusia senantiasa menggunakan akal dan budinya untuk menciptakan pemikiran yang baik, karena dengan pemikiran yang baik itulah maka manusia akan memperoleh sesuatu yang benar dan adil yang kemudian kebenaran itu dijadikan suatu kebiasaan atau budaya yang baik.

Daftar pustaka :




2.    Upload 5 link yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma :

1.            http://sap.gunadarma.ac.id
                Situs ini berisikan Satuan-satuan acara perkuliahan yang ada di lingkungan Universitas Gunadarma.
Satuan Acara Perkuliahan (SAP) berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.
Setiap mata kuliah memiliki Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang merupakan penjabaran secara rinci rencana perkuliahan

2.            http://v-class.gunadarma.ac.id
                Virtual Class merupakan fasilitas pembelajaran online yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar secara online oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan Universitas Gunadarma.
Virtual Class dilaksanakan sebanyak 3x pertemuan dalam satu semester dan memiliki bobot yang sama dengan tatap muka kelas. Pertemuan tersebut merupakan kesepakatan antara dosen dan mahasiswa. Penilaian kegiatan pembelajaran ini merupakan bagian dari keseluruhan Nilai Akhir mahasiswa.
Virtual Class dapat diakses dengan menggunakan akun staffsite untuk dosen dan akun studentsite untuk mahasiswa. Bagi pengguna tamu dapat mengakses beberapa materi hasil hibah pengajaran.
Kendala atau hambatan dalam mengakses Virtual Class dapat dikomunikasikan dengan pengelola

3.            http://ugpedia.gunadarma.ac.id
UGPEDIA merupakan suatu wadah sumbangsih bagi civitas akademika khususnya dan bagi masyarakat umumnya, disini anda dapat mencari dan memberi arah informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, mulai dari pendaftaran, perkuliahan, alumni, prosedur-prosedur, fasilitas serta hal-hal yang berhubungan dengan istilah yang sering ditemui di lingkup pendidikan universitas.
Beberapa keunikan yang dapat anda gunakan pada UGPEDIA adalah:
             Instantrespons
             Kemudahan mencari informasi

4.            http://library.gunadarma.ac.id
Library di Universitas Gunadarma ini sebagai sumber informasi bagi pelaksanaan proses belajar dan mengajar, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

5.           http;//helpdesk.gunadarma.ac.id
Helpdesk merupakan link yang dapat membantu warga gunadarma dalam menghadapi kendala-kendala dan menyediakan berbagai informasi seputar gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar