Translate

Jumat, 31 Oktober 2014

#Pinternet : Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Internet




Dampak Positif dan Negative Penggunaan Internet


Pada saat ini internet merupakan media yang hampir digunakan oleh semua orang dari berbagai kalangan usia. Terdapat dampak positif dan negatif yang dihasilkan dari penggunaan internet. Individu melakukan eksplorasi jati diri dan eksperimen, yaitu mencoba hal-hal baru untuk memperluas pengalaman pribadi mereka dengan ikut serta menggunakan internet sebagai media untuk berkomunikasi. Individu yang pada masa ini juga sangat terfokus dengan dirinya sendiri bisa menjadi sangat terserap dengan aktivitasnya dalam menggunakan internet serta sensasi - sensasi yang dirasakan ketika sedang menggunakan internet, sehingga dapat memunculkan dorongan atau ketertarikan yang kuat untuk tetap menggunakan internet, bahkan sampai berlebihan. 

Menurut Herring (1996) dampak positif dari internet digolongkan menjadi empat kategori, yaitu :
1. Sebagai media komunikasi. Sudah pasti internet memberikan kemudahan dalam hal komunikasi, hal itu dikarenakan internet mencakup seluruh dunia dan tidak ada batas ruang dan waktu.
2. Sebagai media pertukaran data.
3. Sebagai media mencari informasi atau data. Internet sangat membantu individu untuk mencari informasi yang diinginkan dengan memasukan keyword mengenai informasi apa yang akan dicari.
4. Untuk manfaat komunitas.

Selain kelebihan yang telah diuraikan sebelumnya, internet juga mempunyai dampak negatif seperti berikut ini:
1. Tentang kontek porno yang semakin merajalela dan semakin merajalela dan semakin mudah untuk diakses oleh anak atau remaja.
2. Semakin banyak game online yang dapat menyebabkan kecanduan sehingga dapat mengganggu belajar.
3. Adanya kasus anak hilang dan pemerkosaan karena berawal dari media sosial seperti facebook, twitter, dll.
4. Adanya kasus pencemaran nama baik karena tidak berhati-hati dalam memberikan komentar serta kritik di media sosial.
5. Beredarnya para hacker yang merugikan banyak orang.
6. Penipuan via internet, terutama dalam hal belanja online.
7. Boros.

Sebenarnya, seiring perkembangan zaman yang semakin canggih, internet haruslah digunakan secara bijak dalam hal positif, bukan dalam hal negative yang dapat merugikan diri sendiri atau orang lain.


Daftar Pustaka Jurnal :

Ade Putri, N (2013). “Subjective Well Being Mahasiswa Yang Menggunakan Internet Secara  Berlebihan” . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol : 2 No : 1 . 2-5.

Jumi (2008). “Pengaruh Media Informasi terhadap Masyarakat dalam Kaitannya dengan Perkembangan Teknologi Komunikasi”. Jurnal Pengembangan Humaniora . Vol:8 No:2. 61-63.

Winoto, Heru (2013). “Dampak Penyalahgunaan Teknologi Komunikasi Ponsel dan Gadget pada Anak dan Remaja”. Jurnal Ilmiah Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar