Translate

Kamis, 09 Oktober 2014

#Pinternet : Penjelasan tentang WWW, Email, Search Engine, dll

3. Penjelasan tentang hal-hal:
  • WWW ( Word Wide Web) : Suatu media pada teknologi internet yang bekerja untuk menampilkan informasi dalam bentuk beks, gambar, suara, dan bahkan video pada sebuah aplikasi yang bernama browser. WWW merupakan kumpulan dokumen yang disimpan pada sebuah server dan bisa diakses oleh setiap orang dimanapun mereka berada dengan memanfaatkan jaringan yang saling terhubung satu sama lainnya yang disebut dengan jaringan internet. Dokumen-dokumen yang banyak tersebut ditulis dengan menggunakan bahasa HTML (Hypertext Markup Language), HTML ini tidak hanya menampilkan teks saja, melainkan dapat menyimpan gambar, video, dan suara yang ditulis dengan kode khusus yang nantinya ditampilkan didalam browse

  • Email : Singkatan dari Electronic Mail memiliki arti surat elektronik. Email dapat didefinisikan sebagai metodr pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan pesan melalui sistem komunikasi elektronik berupa internet. email dikirim dengan menggunakan koneksi internet, seperti halnya dengan surat biasa bahwa email juga dapat ditujukan untuk perorangan atau kelompok. Dengan email maka surat dapat dikirim lebih cepat tanpa harus menunggu tukang pos datang mengirim surat, karena email dapat dijangkau oleh seluruh dunia dengan dukungan jaringan global. Agar email dapat bekerja, dibutuhkan SMTP (Simple Mail Trnasfer Protocol) yang berfungsi mengirimkan email melalui internet. Email dibuat atau ditulis menggunakan MUA ( Mail User Agent) atau biasa dikenal dengan Email agent, dan proses pengiriman email tersebut ditangani oleh MTA ( Mail Transfer agent) atau biasa disebut dengan mail server. Email juga membutuhkan alamat agar pesan dapat sampai tujuan, alamat email tersebut terdiri dari dua komponen yaitu identitas dan domain atau provider. Komponen identitas direpresentasikan oleh zakapedia, sedangkan komponen domain direpresentasikan oleh gmail.com. Untuk dapat mengirim dan menerima email, diharuskan untuk memiliki account email terlebih dahulu. Account email ini nantinya sekaligus mencakup alamat emal yang bisa Anda gunakan untuk mengirimkan pesan kepada orang lain secara elektronis. Sebelum Anda membuat account email, perlu Anda ketahui bahwa terdapat banyak provider yang menyediakan layanan email seperti Yahoo, Gmail, Hotmail (Windows Live), dan lain sebagainya.

  •  Search engine : sebuah pemrograman yang dibuat untuk membantu orang lain untuk mencari atau menemukan sebuah informasi dengan mengetikkan kata kunci ( key word). Menurut wikipedia, search engine berarti program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.Tidak hanya menampilkan hasil pencarian halaman web saja, search engine juga menampilkan informasi pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, misalnya video, gambar, audio, foto, dan lain sebagainya. Cara kerja search engine adalah dengan cara menyimpan database yang ada diinternet untuk kemudian ditampilkan sesuai dengan kecocokan kata kunci yang diketikkan pada search engine dengan database yang ada. Biasanya akan ada banyak sekali data yang muncul, yang berada pada urutan pertama relatif merupakan hasil yang lebih akurat.

  • Browser : merupakan suatu aplikasi program yang dijalankan pada perangkat komputer untuk melihat konten yang ada pada media www dengan memanfaatkan jaringan internet. Saat ini browser tidak hanya menampilkan halaman yang berisi teks saja, browser populer sekarang dapat menampilkan gambar, musik, suara, video, file, pdf, dan data lainnya. Browser untuk pertama kali digunakan pada tahun 1993 dengan nama browser Mosaic. Mosaik adalah nama browser yang diciptakan oleh tim National Center for Supercomputing Applications at the Universitu of illinois at Urbana-Champaign (NCSA-UIUC) tidak lama setelah ditemukannya media baru untuk penyebaran informasi.

  • Chatting : Didalam Bahasa Indonesia, chatting memiliki arti ngobrol atau berbicara dengan dua arah antara satu orang atau beberapa orang. Didalam dunia komputer, chatting berarti berbicara dengan dua arah menggunakan komputer.Suara yang dihasilkan biasanya digantikan dengan teks yang diketik, namun dengan semakin berkembangan multimedia dan komputer, sekarang chatting dapat juga senggunakan suara dan video. Sedangkan di dunia internet, chatting berarti ngobrol atau berbicara dengan menggunakan fasilitas koneksi internet. Menurut jumlah orang yang berbicara, chatting dapat dibedakan menjadi dua, yaitu privat chat dan group chat. 

  • Netiquette :  merupakan etika dalam menggunakan internet. Beberapa aturan yang ada pada netiquette diantaranya 1. Aamankan dulu diri anda ( amankan semua properti mulai dari komputer yang dipasang antivirus atau personal firewellI. 2. jangan terlalu percaya dengan internet, sehingga anda dengan mudah mengubah data pribadi anda, dan anda harus benar-benar yakin bahwa URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya. 3. Hargai pengguna lain diinternet.

  • Komunitas-komunitas online : merupakan kumpulan pengguna internet yang membentuk satu wadah karena memiliki persamaan tujuan, hobi, aktivitas, atau lainnya. komunitas online juga merupakan tempat berbagi informasi bagi pengguna internet. Banyak manfaat dari adanya komunitas online yang salah satunya adalah untuk berbisnis, lewat komunitas online dapat menambah pangsa pasar dan membuat bisnis menjadi lebih sukses.

Sumber :
  1. https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=14893604296059940#editor/target=post;postID=4721476935199591411
  2. http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-email-electronic-mail.html
  3. http://www.updatekeren.com/2012/12/pengertian-search-engine.html
  4. http://www.mandalamaya.com/pengertian-browser/
  5. http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_06.11_.1100_.pdf
  6. http://id.wikipedia.org/wiki/Netiquettehttp://rizkacil.wordpress.com/2012/10/22/komunitas-online-polarisasi-kelompok-kelompok-kerja-virtual/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar